KPM-IK PGMI STAIM GELAR WEBINAR PEMBELAJARAN DARING

Published by staim on

Oleh : Novi Indah Sari

Pandemi Covid-19 memunculkan tantangan baru bagi dunia pendidikan. Guru harus tetap melakasanakan kegiatan belajar mengajar meskipun peserta didik berada di rumah. Guru juga dituntut dapat berinovasi dengan memanfaatkan media dan platform online agar pembelajaran tetap menarik. Webinar bertema Pembelajaran Daring Tingkat Pendidikan Dasa menjadi salah satu program kerja mahasiswa KPM-IK PGMI STAIM Nganjuk untuk membantu guru maupun calon guru menghadapi tantangan tersebut.

Webinar yang dilaksanakan pada Ahad, 16 Agustus 2020 melalui aplikasi zoom meeting dan live facebook dengan menghadirkan dua narasumber yaitu Roni Harsoyo, M. Pd (Dosen STAIM Nganjuk dan Penerima Beasiswa 5000 Doktor Kemenag RI 2019), Ibu Shellya Khabib Dirgantari, S.Pd.I (Guru SDI Surya Buana Malang), dan dimoderatori oleh Lailatul Maghfiroh Mahasiswi STAIM Nganjuk.  Webinar ini diikuti 90 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan praktisi pendidikan. Banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan tersebut mendapatkan apresiasi dari Bapak Roni Harsoyo. sebagai penyelenggara webinar KPM-IK STAIM dengan jumlah peserta terbanyak.

Narasumber pertama, Bapak Roni Harsoyo menyampaikan bahwa pembelajaran daring ini tidak sama dengan pembelajaran tatap muka baik dari segi metode, model, dan waktu maka pendidik harus bisa mengemas kegiatan pembelajaran daring menjadi hal yang menyenangkan misal guru memberikan video edukasi, kuis, bertatap maya melalui video call, zoom meeting, goole meet, dll. Serta pendidik harus bisa mengatur waktu sesingkat mungkin agar anak-anak dalam belajar tidak merasa bosan dan lelah.

Narasumber kedua, Ibu Shellya berbagi pengalaman cara mengemas kegiatan pembelajaran yang dilakukan di SDI Surya Buana Malang dimasa pandemi covid-19. Pembelajaran dilaksanakan secara daring dan luring, beberapa kegiatan daring yang dilaksanakan diantaranya sebelum belajar melakukan kegiatan SaPa (Sarapan Pagi) yaitu berdoa akan belajar, murojaah juz amma, melafalkan asmaul husna, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sapaan dalam tiga bahasa, melafalkan visi dan misi sekolah melalui google meet, zoom meeting, atau youtube pribadi. Dalam kegiatan pembelajaran, pendidik memberikan video pembelajaran yang sesuai dengan jadwal harian, mengerjakan soal melalui google form, kemudian melakukan zoom meeting bersama wali kelas. Sedangkan dalam pembelajaran luring, guru bisa berkunjung ke rumah dengan meminta izin wali murid terlebih dahulu atau siswa berkunjung ke sekolah dengan mematuhi protokol kesehatan.

Beliau juga menyampaikan bahwa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dimasa pandemi ini, sebagai pendidik kita harus melihat situasi dan kondisi siswa yang ada di lembaga kita bagi sebagian siswa mempunyai gadget maka pembelajaran dilakukan secara daring, bagi yang tidak punya maka dilakukan secara luring.

Banyak apresiasi dari peserta bahwa materi yang disampaikan oleh kedua narasumber sangat mudah dipahami. Selain itu, materi webinar juga sesuai dengan keadaan yang saat ini terjadi. Semoga webinar ini bisa bermanfaat untuk para peserta yang mengikuti acara ini. 

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *